Jurus Ampuh Atasi Stress


Semua orang pasti pernah mengalami stress. Entah itu stress karena pekerjaan, keuangan ataupun masalah keluarga. Namun masalah tidak berakhir begitu saja, karena stress memberikan pengaruh yang buruk terhadap kesehatan kita sendiri dimasa yang akan datang. Beberapa ahli memberikan solusi sederhana untuk menghilangkan ataupun meringankan stress anda.

Perenggangan otot tubuh
ketika duduk atau berbaring dalam posisi yang santai, kencangkan otot kaki anda sebanyak mungkin dan lepaskan. Anda akan merasakan sensai yang melegakan di beberapa area otot kaki anda. Lakukan perenggangan yang ringan untuk seluruh otot di tubuh anda satu persatu. Fokus untuk di beberapa tempat seperti kaki, perut, punggung, leher, tangan, wajah dan kepala. Setelah selesai melakukan perenggangan di seluruh tubuh anda, biarkan tubuh anda tetap pada saat santai untuk beberapa menit.

Perenggangan dan memijat diri sendiri
Berlatihlah perenggangan sederhana, seperti perenggangan untuk leher, hanya dengan memutar kepala anda setengah lingkaran pada satu arah dan ke arah yang lain. Untuk perenggangan pada pundak anda hanya perlu mengangkat pundak anda sampai ketelinga dan lepaskan.
Masih merasa tegang? Anda tidak perlu mengandalkan orang lain untuk meminta di pijat. Ketika akan mandi atau sedang duduk santai, pijat salah satu sisi badan anda dengan tangan yang kebalikannya.

Tarik nafas dalam-dalam
Ketika duduk atau berbaring , tarik nafas dalam-dalam sehingga membuat perut anda mengembang. Keluar nafas secara perlahan dalam ditungan kelima dan bayangkan saja seluruh stress meninggalkan tubuh anda seiring dengan nafas yang anda keluarkan. Ulangi hal ini sebanyak 10 kali ketika anda merasa gelisah.

Berbicara pada seseorang
Habiskan waktu untuk berbicara dengan seseorang yang peduli dengan anda. Dengan mengekspesikan perasaan anda. Kita sering merasa tidak ingin membebankan orang dengan perasaan kita, tetapi pada kenyataannya, itu membuat beberapa orang merasa lebih baik untuk mendengarkan.
Anda juga dapat mencoba untuk berbicara dengan cara yang berimbang. Anda dapat menghibur orang lain apabila mereka sedang merasa stress.

Tertawa atau menangis
Lakukan sesuatu yang dapat membuat anda tertawa. Tonton film komedi, baca buku lelucon atau habiskan waktu dengan teman yang suka bercanda atau lucu.
Menangis juga dapat menjadi sarana melepaskan ketegangan. Jika anda belum pernah menangis dalam beberapa waktu, coba anda mendengarkan lagu sedih, menonton film sedih, atau menulis mengenai pengalaman yang menyedihkan

Tidur yang cukup
Ketika anda tidak cukup tidur, maka tubuh anda akan menghasilkan hormone stress, yang membuat anda mudah terkena stress. Tetapi terlalu banyak tidur juga tidak baik. Kunci penting adalah untuk tidur secara seimbang, yang mana bagi beberapa seseorang tidur cukup selama 8 jam setiap malam.

Makan-makanan yang sehat
Makanan yang anda makan sangatlah penting. Penelitian menunjukan kalau orang yang memakan ikan seperti makarel, sarden, salmon dan tuna beberapa kali dalam seminggu mampu menurunkan tingkat stress mereka.
Ini semua dikarenakan ikan tersebut mengandung omega-3 yang dapat menenangkan tubuh. Apabila anda tidak suka dengan ikan, anda dapat menggantinya denfan telur, kenari atau pun plankton.

Olahraga
Olah raga merupakan pelepas stress yang ampuh. Tidak hanya untuk istirahat otot dan meningkatkan produksi kimia anti stress, penelitian juga menunjukan kalau orang yang sehat secara fisik dapat terhindar dari stress. Selain olah raga fisik anda juga dapat meditasi, tai chi atau chi-gong.

Sumber:www.sentrajakarta.com

Tidak ada komentar: